06.00

Hipofisis-Histologi

Adeno hypophysis

1. Pars distalis
     • Bagian utama dari kelenjar hypofisis krn meliputi 75% dari seluruh kelenjar
     • Dengan sedian yang diberi pewarnaan HE dapat dibedakan menjadi 2 macam sel :

     a. Sel chromophobe (Sel utama)
         Sitoplasma tidak menyerap bahan warna sehingga tampak intinya saja, ukuran selnya kecil.          Sel ini biasanya berkelompok dibagian tengah dari lempengan sel chromofil sehingga ada                dugaan bahwa sel ini merupakan sel yang sedang tidak aktif dan nantinya dapat berubah              menjadi sel acidofil atau sel basofil pada saat diperlukan
         • Sel Acidophil
            Ukuranya lebih besar dengan batas yang jelas dan dengan pewarnaan HE rutin                               sitoplasmanya berwarna merah muda. Berdasakan reaksinya terhadap bahan cat, dapat               dibedakan menjadi 2 sel:
            1. Sel orangeophil (alpha acidophil = sel somatrotope)
                Sel ini dapat dicat dengan orange-G, menghasilkan hormon GH
            2. Sel carminophil (epsilon acidhophil = sel mammotrope)
                Sel ini bereaksi baik terhapat cat azocarmin. Jumlah sel ii meningkat selama dan                             setelah kehamilan. Hormon yang dihasilkan hormon prolaktin.
         • Sel Basophil
           Sel ini memiliki inti lebih besar dari sel acidiphil dan dengan pewarnaan HE sitoplasmanya            tampak berwarna merah ungu atau biru. Bila memakai pengecatan khusus aldehyde –                  fuchsin, dapat dibedakan 2 macam sel :
          1. Sel beta basophil (sel thyrotrophic)
              Sel ini tercat baik dengan aldehyde – fuchsin dan menghsilkan hormon thyrotropic                         hormon
         2. Sel delta basophil
             Dengan perwarnaan aldehyde – fuchsin tidak tercat dengan baik. Berdasarkan hormon                  yang dibentuk, diduga sel ini ada 3 macam:
             a. Sel gonadotrophin type 1
                 Sel ini menghasilkan FSH
             b. Sel gonadotropin type 2
                 Sel ini menghasilkan LH
             c. Sel corticotrophic
                 Sel ini menghasilkan hormon ACTH, pada manusia sel ini membentuk melanocyte                          stimulating hormone ( MSH)

2. Pars intermedia
     Bagian hypophysis ini pada manusia mengalami rudimenter, dan tersusun dari suatu lapisan        sel tipis yang berupa lempengan – lempengan yang tidak teratur dan gelembung yang berisi        koloid. Pada manusia diduga membentuk melanocyte stimulating hormon ( MSH ) yang akan        merangsang kerja sel melanocyte untuk membentuk pigmen lbh bnyk. Tetapi hal ini masih          dlm penelitian lbh lanjut.

Neura hypophyse

Terdiri dari 2 macam struktur :
a. Pars nervosa : infundibular processus
b. Infundibulum : neural stalk ( merupakan tangkai yang menghubungkan neuro hypophyse             dengan hypotalamus )

Bagian ini tersusun dari :
a. Sabut saraf tak bermyelin yang berasal dari neuro secretory cell hypotalamus yang                         dihubungkan melalui hypotalamo – hypophyseal tract
b. Sel pituicyte : sel ini menyerupai neuroglia yaitu selnya kecil dan mempunyai pelanjutan-             pelanjutan sitoplasma yang pendek.

Ciri khas yang terdapat dalam neuro – hipophyse ini adalah adanya suatu struktur yang disebut herring’s bodies yang merupakan neurosekret dari neuro-secretory cell dari hypotalamus yang kemudian dialirkan melalui axon dan ditimbun dalam neuro hypophyse sebagai granul. Hormon – hormon yang dihasilkan oleh bagian ini adalah : ADH ( vasopressin ), oxytocin.

0 komentar: